Wapres Ma’ruf Amin: Pembangunan di Papua Pegunungan Wajib Selaras dengan Kearifan Lokal

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, meminta supaya taktik pembangunan di Papua Pegunungan disesuaikan dengan kearifan lokal dan konteks wilayah. Hal itu, kata Ma’ruf diinginkan juga bisa mengurangi potensi perselisihan.

Hal hal yang demikian disajikan Ma’ruf ketika mensahkan pencanangan Program Strategis Nasional (PSN) dan Program Strategis Provinsi Papua Pegunungan di Wamena, Rabu (05/06/2024).

Pendekatan berbasis kearifan lokal dan konteks wilayah bisa memperkuat penerimaan dan dukungan masyarakat serta mengurangi potensi perselisihan sehingga implementasi taktik pembangunan menjadi lebih relevan dan tepat sasaran,” kata Ma’ruf.

Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) ini mengungkapkan, pemerintah memahami tantangan yang dihadapi dalam membangun wilayah Papua Pegunungan.

Tantangan yang dimaksud berkaitan dengan spaceman gacor situasi geografis dan topografis Papua Pegunungan yang susah, penduduk yang terpencar di gunung dan jurang-jurang, serta aksesibilitas antarwilayah yang terbatas, seperti di wilayah adat Laa Pago.

“Perhatian kepada wilayah adat Laa Pago sudah ditekankan dalam RPJMN Tahun 2020-2024 sebagai salah satu program prioritas strategis dalam rangka percepatan pembangunan wilayah adat ini,” ucapnya.

Pemetaan Wilayah Diukur Penting

Lebih lanjut, Ma’ruf menyebut bahwa pemetaan wilayah secara ideal di wilayah Papua Pegunungan betul-betul penting dilakukan. Sebab, masing-masing kabupaten di provinsi ini mempunyai potensi dengan keunikan tersendiri.

“Sebagai model, rumuskan peran Kabupaten Pegunungan Bintang di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, peran Kabupaten Yahukimo sebagai pintu gerbang dari selatan Papua, peran Kabupaten Yalimo sebagai pintu gerbang dari utara Papua, atau rumuskan program peningkatan kesehatan, pendidikan, dan standar hidup dengan sasaran utama Orang Asli Papua di Kabupaten Nduga,” terangnya.

Berdasarkan Ma’ruf, dengan memahami karakteristik masing-masing wilayah di Papua Pegunungan, pemerintah bakal bisa merumuskan kebijakan dan program pembangunan ideal sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *