Korlantas Polri Legal Luncurkan SIM C1 khusus Moge

Korlantas Polri resmi meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 yang diperuntukkan bagi pemotor bermesin 250 cc sampai 500 cc. Acara peluncuran diselenggarakan di SATPAS SIM Polda Metro Jaya Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (27/5/2024).

“Hari ini kita bersama sama akan menyaksikan launching SIM C1,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya, Senin (27/5/2024).

Aan mengatakan, penerbitan SIM C1 yakni amanat dari Aturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 perihal Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Melainkan, realisasi baru dikerjakan 3 tahun kemudian. Aan menjelaskan alasannya.

“Kenapa? karena kita berkeinginan memutuskan betul sistem dan lain sebagainya ini dapat kita implementasikan pada saat nanti setelah launching,” kata Aan.

“Sekaligus juga kita berkeinginan slot qris memutuskan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C dengan SIM C1,” Dia menambahkan.

Aan mengatakan, petugas akan menguji keterampilan dan pengetahuan serta attitude pemohon SIM 1 dalam mengendarai kendaraan roda dua yang CC nya 250 ke atas.

“Ada ujian teori, ujian praktik dan yang terakhir attitude. Ini yang sulit kita uji attitude ini. karena kalau telah di jalan, ini kadang lupa apalagi telah konvoi, kadang lupa kita. di situ ada rambu-rambu, di situ traffic light, ada yang nyebrang dan sebagainya,” ujar ia.

Jumlah Kasus Kecelakaan Lalu Lintas
Aan kemudian menjelaskan 152 ribu kasus kecelakaan lalu lintas terjadi dalam setahun 2023. Dari jumlah itu, 76 orang diantaranya meninggal dunia.

“Artinya tiap jam ada 3 nyawa melayang di jalan raya. Dan 78 persen yang terlibat ataupun pelaku yakni kendaraan roda dua. nah CC nya nggak tau, cc 250 ke bawah, 250 ke atas sampai 500, atau 500 ke atas. ini kita belum kaji lebih dalam,” ujar ia.

Aan berkeinginan, ketidakhadiran SIM C1 dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Mudah-mudahan juga ini turut berkontribusi dalam rangka mewujudkan pengemudi yang berkeselamatan, dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan. Sebab nanti yang mendapatkan SIM, bagus itu C1, C2, betul-betul para pengemudi yang telah punya skill, punya knowledge, dan punya attitude yang bagus,” tandas ia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *