Sekjen Hasto Tegaskan PDIP Masih Dengar Akar Rumput Partai Sebelum Ambil Sikap di Pemerintahan

DPP PDI Pengorbanan menyatakan pihaknya masih memperdengarkan aspirasi akar rumput partai sebelum mengambil sikap mengenai posisi PDIP di pemerintahan Presiden RI Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Tapi, Hasto menegaskan bahwa PDIP melihat penting fungsi pengawasan untuk mengendalikan jalannya pemerintahan demi negara yang lebih bagus lagi ke depan.

“Bagaimana sikap PDI Pengorbanan, kami belum memutuskan hal itu karena menyangkut hal yang betul-betul strategis. Kami memperdengarkan bagaimana anak ranting, ranting, PAC, DPC, masukan arus bawah karena PDI Pengorbanan yaitu Partai yang dibangun dari energi arus bawah itu,” kata Sekretaris demo slot mahjong ways 2 Jenderal PDIP atau Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin (13/5/2024).

Menurut Hasto, tatanan metode pemerintahan yang bagus sepatutnya dibangun melewati pengawasan yang kuat. Sebab itu, pentingnya suatu undang-undang check and balance.

“Pentingnya fungsi-fungsi di dalam teori politik ada yang berada di dalam pemerintahan, ada yang berada di luar pemerintahan,” sebut dia.

Hasto juga menyampaikan bagaimana sikap PDIP di pemerintahan selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang keempat pada akhir bulan ini.

“Kami akan mencermati semua dinamika termasuk pembahasan di dalan Rakernas, karena nanti ada komisi sikap politik yang akan membahas sesudah memperdengarkan masukan-masukan dari DPD Partai,” kata dia.

“Dari situlah kami akan formulasikan sikap politik termasuk bagaimana pemerintahan ke depan sepatutnya disikapi oleh PDI Pengorbanan,” tegas Hasto.

Ini Jawaban Sekjen PDIP soal Prabowo Singgung Bung Karno
Sebelumnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno yaitu milik semua rakyat Indonesia.

Berkaitan hal ini, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Bung Karno memang milik semua kalangan.

“Berkaitan dengan Bung Karno, apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo memang Bung Karno tak cuma milik rakyat Indonesia, melainkan milik warga bangsa juga,” kata Hasto di Galeri Nasional, Senin (13/5/2024).

Dia menyatakan, sejarah dengan Bung Karno itu betul-betul kuat karena akar dari Partai yaitu PNI yang didirikan oleh Bung Karno. Kecuali itu PDIP senantiasa komsisten dengan gagasan dan pemikiran Bung Karno.

“PDIP secara konsisten menjabarkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita Bung Karno dalam semua nafas kehidupan Partai dan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga karena emotional bonding itulah PDIP yang paling konsisten di dalam menjabarkan semua pemikiran Bung Karno itu khususnya berhubungan dengan ideologi Pancasila, spirit menciptakan Trisakti,” terang Hasto.

Dia mengaku PDIP terbuka bila ada pihak atau golongan yang merasa menjalankan atau memperjuangkan pikiran Bung Karno. Termasuk Prabowo yang merasa memperjuangkan ide dan gagasan Proklamator RI itu.

“Jika Partai lain juga akan menjalankan hal yang sama dengan PDIP, dengan emotional bonding Bung Karno, pemikiran-pemikiran Bung Karno, ya, tentu saja kami welcome,” kata Hasto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *