KNKT Investigasi Kecelakaan Bis Rombongan SMK Lingga Kencana di Subang

Tim dari investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan lalu lintas yang menewaskan 11 orang di Subang, Jawa Barat, Pekan (12/5/2024).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, regu investigasi bakal melakukan sejumlah pendataan. Soerjanto menyebut, pihaknya perlu memeriksa kondisi bus sampai melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terdampak kecelakaan.

“Kita memperhatikan lokasi kecelakaan, terus kita periksa busnya apa yang harus dibongkar. Juga kita akan melakukan slot deposit qris wawancara dengan penumpang dengan pengemudi dengan siapa saja yang memang berhubungan dengan keadaan sulit kecelakaan ini,” kata Soerjanto kepada wartawan, dikutip Pekan (12/5/2024).

Soerjanto bilang, sekiranya dibutuhkan juga akan dilakukan penilaian jalan. Menurutnya, selepas semua data terkumpul, barulah proses analisa dilakukan.

“Nah nanti baru kita bawa ke Jakarta untuk dilakukan proses analisa dan penulisan laporan,” sebut ia.

Sejauh ini, lanjut ia mengacu keterangan beredar, rem blong menjadi dugaan penyebab kecelakaan bus yang membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana tersebut. Walaupun demikian, kata ia informasi tersebut masih perlu pembuktian.

KNKT, kata Soerjanto akan memberikan anjuran terbaik ihwal kelaikan jalan kendaraan menurut dari penemuan investigasi. Bis itu, ujar ia guna mengantisipasi kecelakaan serupa kembali terulang.

“Secara metode itu bagaimana kita dapat mencegah, bagus pengawasan, pengaturan. Pengawasan ini kan jalannya jadi kurang tepat sasaran, sekiranya rupanya ada kecelakaan yang busnya tidak memenuhi persyaratan kelaikan,” katanya.

“Nah, ini yang kita cari solusinya. bagaimana pengawasan ini dapat menghindarkan bus-bus semacam itu, tidak lagi dapat beredar di jalanan lazim,” tandasnya.

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Bis SMK Lingga Kencana di Ciater yang Tewaskan 11 Orang

Polisi masih melakukan penelusuran dengan pihak berhubungan untuk mengungkap penyebab kecelakaan bus pariwisata yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat (Jabar) pada Sabtu 11 Mei 2024.

Kecelakaan bus SMK Lingga Kencana tersebut menyebabkan 11 orang meninggal dunia.

“Olah daerah kejadian perkara (TKP) sedang dilakukan dengan melibatkan pihat berhubungan. Kita tunggu hasil penelusuran regu di lapangan,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus dikutip dari siaran persnya, Pekan (12/5/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *