Panji Gumilang Ajukan Praperadilan soal TPPU, Ini Kata Ahli Regulasi

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mendapatkan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Abdussalam Panji Gumilang berhubungan sah atau tidaknya penetapan tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh Bareskrim Polri.

Berhubungan hal tersebut, Ahli Regulasi Pidana Universitas Trisaksi, Abdul Fickar Hadjar menilai permohon praperadilan yang diajukan Panji Gumilang kemungkinan besar ditolak hakim apabila mempermasalahkan jenis pidananya.

“Mempersoalkan jenis tindak pidananya slot spaceman TPPU atau bukan nanti pada sidang pokok perkaranya, apakah rupanya atau tak TPPU-nya,” kata Fickar kepada awak media, Kamis (9/5/2024).

Fickar menerangkan, kewenangan praperadilan yaitu menguji pengaplikasian peraturan formil atau peraturan acara.

Artinya, praperadilan mempersoalkan originalitas penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, sampai penetapan sebagai tersangka

“Di luar hal tersebut permintaan tak akan dikabulkan sebab bukan ranah praperadilan,” yakin dia.

“Jadi apabila hal itu diajukan di praperadilan, itu menjadi prematur dan permohonannya kemungkinan besar akan ditolak,” imbuh dia menandasi.

Sebelumnya, permohonan tersebut dialamatkan kepada Subdit III Unit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

“Untuk termohon, yaitu Subdit III Unit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri,” kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Djuyamto dikutip dari Antara, Minggu (21/4/2024).

Telah Disidangkan
Berdasarkan Djuyamto, berkas permohonan praperadilan Panji Gumilang diterima oleh PN Jakarta Selatan pada tanggal 17 April 2024 dan akan disidangkan mulai Kamis (25/4/2024). Permohonan ini terregistrasi dengan nomor Prapid Nomor 47/Pid.Pra/2024/PN.Jkt.Sel.

Dalam permohonannya, Panji Gumilang akan menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka berhubungan kasus TPPU.

Sidang pertama praperadilan ini akan dijalankan pada hari Kamis, 25 April 2024, dengan hakim tunggal Estiono. Penyidik dari Dittipideksus Bareskrim Polri telah menetapkan Abdussalam Panji Gumilang sebagai tersangka dalam kasus dugaan TPPU dengan tindak pidana awal penggelapan uang yayasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *