Destinasi Liburan Alam Belitung Sebagai Alternatif Daerah Bertamasya

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikenal memiliki banyak kawasan dengan estetika alam memukau. Salah satu pulau di Indonesia yang sudah dikenal luas kaya akan pesona wisata alam merupakan Belitung.

Estetika alam di pulau yang bersebelahan dengan pulau Bangka ini memang tidak perlu diragukan lagi. Buat kamu yang memerlukan opsi daerah bertamasya dan mencari suasana baru, Belitung akan layak buatmu. Biar gak kebingungan, berikut rekomendasi destinasi wisata Belitung yang bisa kamu kunjungi!

Destinasi Daerah Liburan di Belitung

  1. Pulau Lengkuas

Destinasi wisata Belitung pertama yang bisa kamu kunjungi merupakan Pulau Lengkuas. Ini merupakan pulau kecil yang berlokasi di sebelah utara Belitung. Untuk mencapai ke pulau ini, dibutuhkan waktu untuk menyeberanginya selama 30 menit.

Padahal hanya pulau kecil, daerah ini punya sejuta estetika yang bisa kamu sejak menginjakkan kaki pertama kali di sini. Salah satu hal menarik di pulau ini merupakan keberadaan sebuah mercusuar yang sudah berdiri sejak tahun 1882.

Padahal sudah sangat tua, mercusuar ini masih berfungsi dengan baik, bahkan konsisten bisa memberikan tanda bagi kapal yang melintas keluar atau masuk ke pulau ini. Sebagai kabar, mercusuar ini punya ketinggian kurang lebih 50 meter dan terdiri dari 18 lantai.

Karena itu, butuh perjuangan ekstra untuk naik hingga ke puncaknya. Padahal seperti itu, hal ini akan terbayar dengan pemandangan yang bisa kamu lihat di puncak slot mahjong mercusuar. Kamu bisa memperhatikan pemandangan pantai dan laut di sekitar Belitung yang sangat indah.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Apakah kamu pernah menonton film Laskar Pelangi? Seandainya iya, mungkin kamu akan terkenal dengan pantai yang satu ini. Karena, salah satu lokasi pengambilan gambar yang dilaksanakan di film hal yang demikian dilaksanakan di Pantai Tanjung Kelayang.

Padahal membikin Pantai Tanjung Kelayang menarik untuk dikunjungi merupakan keberadaan banyak batu granit raksasa di sini. Salah satu batu granit terpopuler bagi para pengunjung di pantai ini berada di tengah laut yang dikenal banyak orang sebagai Batu Kelayang.

Sebagai kabar, Batu Kelayang pada pantai ini pernah dipakai sebagai maskot dari acara Sail Wakatobi-Belitung di tahun 2011. Garis Pantai Tanjung Kelayang sendiri memrentang sepanjang 4 kilometer hingga ke Pantai Tanjung Tinggi.

Ada 2 pemandangan yang bisa kamu lihat saat mengunjungi pantai ini. Salah satu sisinya penuh dengan bebatuan granit raksasa. Karena sisi lainnya punya hamparan pasir putih yang indah.

  1. Danau Kaolin

Danau Kaolin terwujud dari cekungan yang berasal dari bekas galian pertambangan. Sebagai kabar, kaolin merupakan mineral yang lazimnya dipakai oleh industri kosmetika, pasta gigi, hingga makanan.

Danau ini dipenuhi dengan hamparan air biru cerah yang berpadu dengan bukit batuan berwarna putih. Karena itu, Danau Kaolin menjadi titik foto Instagramable dengan lanskap alam yang sangat unik.

Adapun, Danau Kaolin ini layak untuk menikmati pemandangan sunrise ataupun sunset. Waktu terbaik untuk ke danau ini merupakan pagi dan petang hari. Karena, cuaca di Danau Kaolin akan sangat panas di siang hari.

  1. Dermaga Kirana
    Lokasi: Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung

Destinasi wisata Belitung ini kerap kali disebut sebagai Rumah Keong oleh warga sekitar. ini sebab banyak gazebo yang berada di daerah ini dengan desain seperti cangkang keong. Menariknya lagi, gazebo-gazebo ini diciptakan dari bahan rotan.

Dermaga ini sendiri diciptakan dari lantai berbahan kayu yang dirancang zigzag hingga ke tepi Sungai Lenggang. Perlu kamu tahu, lokasi Dermaga Kirana sebenarnya cukup dekat dengan objek wisata lainnya, merupakan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Pada momen-momen tertentu, dermaga ini juga dipakai sebagai daerah penyelenggaraan fashion show batik khas Belitung. Kamu bisa mengunjungi Dermaga Kirana kapan saja sebab daerah ini dibuka tiap-tiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 petang waktu setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *