Objek Wisata Bangunan Kuno di Semarang Langkah

Objek liburan yang ada di kota Semarang didominasi oleh bangunan kuno (tua) yang terjaga apik. Nampaknya pemerintah tempat setempat betul-betul menyadari bahwa “kota lama” yang berisi gedung tua ini kecuali bersejarah, juga menaruh potensi estetika dan bisa ditawarkan sebagai tempat liburan yang menarik bagi turis yang datang.

Objek Wisata Bangunan Kuno di Semarang
Bagi yang suka fotografi ataupun persiapan pernikahan (pre wedding) umumnya suka gedung seperti ini. Apa saja objek liburan di Semarang yang diklasifikasikan sebagai bangunan kuno yang menarik? Berikut ini ulasannya.

Adapun 10 gedung tua yang cukup terawat di kota Semarang dan cocok dikunjungi merupakan:

  1. Lawang Sewu.

Gedung kantor yang dimiliki oleh perusahaan transportasi kereta api ini betul-betul tenar bagus di Indonesia ataupun di luar negeri. Apalagi dahulu Lawang Sewu kerap kali dihasilkan tempat shooting acara televisi “uji nyali”.

  1. Gereja Blenduk.

Format gereja yang eksotis dengan kubah merah di atasnya ini betul-betul mengagumkan para wisatawan termasuk fotografer handal dari luar negeri. Bangunan ini pada hari minggu dihasilkan tempat ibadah. Dan jika anda berkeinginan bertamasya, silakan hubungi pengelola di hari kerja.

  1. Stasiun Kereta Api Tawang.

Gedung tua yang terawat ini menjadi lanmark kawasan kota lama Semarang. Atapnya yang hijau cukup menyejukkan di siang hari yang terik. Jikalau anda berdiri di danau depan stasiun tawang di petang hari, karenanya anda akan memperhatikan menawannya sunset di stasiun Tawang ini.

  1. Pabrik Rokok “Praoe Lajar”.

Gedung ini terletak ideal di seberang daftar sbobet88 danau yang ada di depan stasiun Tawang. Dari namanya saja, anda tentu sudah bisa menebak ejaan kuno nama pabrik rokok ini.

  1. Gedung Marba.

Berada di jalan Letjen Suprapto dan paling mencolok dibanding bangunan lain. Warna merah marun yang keren dari gedung Marba ini senantiasa menjadi objek bidikan Fotografer.

  1. Gedung Perkantoran di kawasan kota lama (tua) Semarang.

Di lokasi ini berdiri puluhan gedung perkantoran yang masih mempertahankan wujud aslinya. Sebagian besar berumur ratusan tahun dan masih kokoh. Kondisi bangunan kuno di sini seperti yang ada di jalan Braga.

  1. Kantor Pos Besar di kawasan Johar.

Berada di ujung jalan Pemuda yang merupakan pintu masuk menuju kawasan kota tua. Hingga kini kantor pos ini masih beroperasi.

  1. Gedung Marabunta.

Bangunan ini berada di jalan Cendrawasih. Banyak fotografer yang suka gedung Marabunta sebagai objek foto sebab keunikan patung semut raksasa di komponen atapnya. Konon, tempat ini dibangun sekitar tahun 1850an dan masih kokoh.

  1. Gereja Gereformeerd.

Lokasinya di jalan Sutomo, dan lokasinya di selatan RS Kariadi Semarang. Bangunan tua ini berdiri di sebidang tanah yang diatur betul-betul tinggi menyerupai bukit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *