Kenalan Dengan 5 Jenis Sistem Informasi Kesehatan

Anda sedang melacak sistem Info kesehatan paling baik untuk pengelolaan layanan layanan kesehatan? Cobain product teraMedik ini, yuk!

Sejak lebih dari satu tahun yang lalu, tata kelola layanan kesehatan di Indonesia sudah menjadi terintegrasi bersama dengan teknologi sistem Info yang canggih dan terpadu. Tak pelak sistem Info spesifik lingkup kesehatan tersebut jadi satu keperluan yang mutlak didalam membantu sekaligus mengoptimalkan pengelolaan operasional layanan layanan kesehatan. Baik terhadap lingkungan tempat tinggal sakit, puskesmas, klinik, tempat praktek mandiri dokter, laboratorium kesehatan, dan bahkan apotek.

Apa Itu Sistem Informasi Kesehatan?
Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2014 yang dirilis oleh web site resmi JDIH Kemenkeu RI, sistem Info kesehatan adalah suatu perangkat parlay bola pengelolaan knowledge dan Info kesehatan untuk mengarahkan tindakan atau ketetapan yang berfaedah didalam membantu peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

Sistem yang termasuk dikenal bersama dengan SIK ini mengkombinasikan prosedur, perangkat teknologi, dan sumber daya manusia. Di mana mampu memproduksi knowledge dan Info kesehatan untuk meningkatkan ilmu didalam membantu pembangunan kesehatan nasional. Sehingga, bersama dengan pengaturan SIK, tiap tiap layanan layanan kesehatan mampu berkesempatan:

Menyelenggarakan layanan medis dasar dan/atau medis spesialistik kepada pasien yang lebih optimal dan minim effort
Menjamin ketersediaan, kualitas, dan akses terhadap knowledge kesehatan yang bernilai ilmu dan juga knowledge yang mampu dipertanggungjawabkan oleh tenaga medis, layaknya dokter, dan tenaga kesehatan tambahan lainnya, layaknya perawat dan bidan
Memberdayakan peran dan juga masyarakat, termasuk organisasi profesi kesehatan didalam penyelenggaraan sistem tersebut
Dan umumnya, SIK terdiri dari komponen-komponen:

Registrasi pasien yang mana memiliki tujuan memudahkan pasien didalam mendaftarkan diri untuk beroleh layanan kesehatan secara online. Selain itu, komponen ini termasuk membantu tenaga kesehatan yang bertugas didalam mencatat sekaligus mengidentifikasi knowledge atau status pasien dari awal masuk sampai pasien pulang, dirujuk, atau meninggal.
Pembayaran tagihan sepanjang mengfungsikan layanan kesehatan, layaknya rawat jalan, rawat inap, dan penunjang medis (laboratorium, radiologi, rehabilitasi medis).
Penunjang rekam medis dan laboratorium yang bakal mencatat cermat knowledge identitas, pemeriksaan, pengobatan, dan tindakan medis terhadap pasien di layanan layanan kesehatan. Contohnya, hasil kontrol CT scan, ECG, USG, EEG, dan lain-lain.
Fasilitas farmasi atau apotek untuk pengelolaan sistem penjualan obat kepada pasien dan persediaan obat yang terorganisir secara digital.
5 Jenis Produk Sistem Informasi Kesehatan teraMedik
Seperti yang sudah tersampaikan terhadap awal artikel, SIK meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional tiap tiap layanan layanan kesehatan. Utamanya terhadap tingkat tempat tinggal sakit (baik itu tempat tinggal sakit pemerintah pusat, tempat tinggal sakit pemerintah daerah, atau tempat tinggal sakit swasta yang terdaftar), klinik, puskesmas, tempat praktek mandiri dokter, dan bahkan laboratorium kesehatan.

Kondisi inilah yang membawa dampak teraMedik berkomitmen untuk membangun dan mengimplementasikan lebih dari satu model sistem Info manajemen yang mengatur cakupan lingkungan kerja dan keperluan layanan kesehatan. Ketahui selengkapnya bersama dengan membaca penjelasannya tersebut ini.

  1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS)
    Produk andalan teraMedik yang pertama adalah aplikasi sistem Info tempat tinggal sakit atau SIM RS. Sejatinya SIM RS memiliki fungsi dasar sebuah sistem Info terhadap kebanyakan yang mana berfaedah didalam mengintegrasikan, mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengubah knowledge klinis pasien.

SIM RS teraMedik mencakup modul front end sampai back end untuk membantu beraneka macam keperluan sistem Info kesehatan dan konektivitas sistem digital tempat tinggal sakit yang kala ini semakin tinggi. Misalnya, konektivitas bersama dengan BPJS Kesehatan, sistem Kementerian Kesehatan, dan milik pemerintah daerah. Serta aplikasi pendukung lain layaknya sistem Info laboratorium, rekam medis elektronik, payment gateway, dan lain-lain. Untuk cermat fitur didalam SIM RS teraMedik, Anda mampu membacanya di sini.

  1. Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIM Klinik)
    Selain mengembangkan sistem untuk tingkat tempat tinggal sakit, teraMedik termasuk membawa dampak sistem Info manajemen kesehatan spesifik lingkup klinik atau yang lebih dikenal bersama dengan SIM klinik. Sistem spesifik pengelolaan klinik ini merupakan bentuk atau versi simple dari sistem Info manajemen tempat tinggal sakit (SIM RS). Di mana spesifik multi klinik, SIM klinik teraMedik sudah membantu implementasi bersama dengan cuma single application dan single database.
  2. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia
    Produk selanjutnya berfokus terhadap sistem yang berfaedah didalam pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia di didalam layanan layanan kesehatan. Seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan tenaga lain yang kompeten di bidang teknologi Info dan komunikasi.

Pengembang teraMedik mengintegrasikan sistem sedemikian rupa untuk mencukupi keperluan tiap tiap layanan layanan kesehatan didalam memformalkan sistem seleksi, evaluasi, dan penggajian. Dengan kata lain, sistem Info teraMedik untuk manajemen SDM mencakup:

Presensi Kedatangan kerja
Payroll
Administrasi tunjangan
Recruiting atau learning management
Layanan mandiri karyawan
Manajemen absensi kerja

  1. Picture Archiving Communication System (PACS)
    Selanjutnya, teraMedik termasuk sediakan sistem PACS (Picture Archiving Communication System) yang mana merupakan sistem komputasi yang mengelola akuisisi, transmisi, penyimpanan, distribusi, tampilan, dan interpretasi dari citra medis.

Keunikan PACS milik teraMedik adalah adanya dukungan pengurangan cost untuk manajemen citra medis yang kompleks. Serta mempercepat kronologis layanan untuk distribusi citra medis di layanan layanan kesehatan. Selain itu, PACS teraMedik termasuk mengfungsikan standar DICOM dan teknologi Jepang untuk menjawab keperluan digitalisasi pencitraan medis dan radiologi di layanan layanan kesehatan.

  1. teraMedikCE/Cloud
    Produk teraMedik paling akhir yang paling terbaru adalah teraMedikCE. Secara garis besar, teraMedikCE memiliki modul dan fitur yang sudah terintegrasi bersama dengan arsitektur web site cloud-based. Sehingga mampu digunakan di satu lokasi atau di semua sistem layanan kesehatan instansi terkait. Di antaranya adalah:

Dashboard, untuk menyajikan laporan rekapitulasi Info berkenaan fitur-fitur dasar di didalam SIM dan kegiatan sistem lainnya.
Laporan, untuk membantu beraneka dokumentasi keperluan dan operasional klinik. Mulai dari laporan praktek klinik, laporan daftar pasien, laporan resep dan penjualan obat, laporan diagnosa pasien, dan lain-lain.
Pendaftaran, untuk memfasilitasi pasien sehingga mampu mendaftar atau beroleh nomor antrian layanan klinik secara online. Sehingga, pasien tak lagi harus mengantri nomor layanan sepanjang berjam-jam di didalam klinik.
Plasma antrian, untuk mengoptimalkan fungsi fitur pendaftaran di mana antrian pendaftaran pasien terhadap tiap poliklinik, farmasi, dan penunjang medis lainnya mampu di kelola bersama dengan lebih baik.
Layanan dokter dan perawat, sehingga tiap-tiap dokter dan perawat mampu mengelola layanan terpusat bersama dengan pasien dan juga memudahkan mereka didalam memantau sekaligus melacak catatan knowledge pasien dari banyak tempat layanan didalam satu waktu.
Kasir, untuk memudahkan pengelolaan sistem pembayaran tagihan layanan kesehatan.
Apotek, untuk memudahkan pengelolaan sistem penjualan obat kepada pasien dan persediaan obat yang terorganisir secara digital.
Pembelian dan inventori, untuk mengelola transaksi pembelian dan pengadaan alat medis yang klinik butuhkan, menjadi dari masker, sarung tangan, perban, plester, jarum suntik, dan bahkan peralatan bedah.
Rekam medis elektronik, untuk memfasilitasi tenaga kesehatan sekaligus pasien didalam beroleh rincian rekam medis atau riwayat medis dan perawatan pasien didalam satu tempat yang berwujud aman, rahasia, dan utuh.
Integrasi BPJS, di mana sistem melaksanakan bridging bersama dengan BPJS untuk mengakses lebih dari satu layanan yang di sediakan BPJS sehingga mempercepat dan mempermudah akses pasien yang memiliki BPJS sehingga pasien beroleh layanan yang optimal.
Laboratorium, untuk mengelola Info sampai membantu pelaksanaan tindakan pas didalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kinerja laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *